News & Promo

82% Balita Suka Online.. Online..

Kamis, 26 Januari 2017

 

Perkembangan tekhnologi semakin kencang, berkedip sebentar saja, bisa-bisa Anda 'ketinggalan zaman'. Lihatlah bagaimana para muda-mudi dan orang dewasa betah duduk berjam-jam di depan komputer untuk online. Perkembangan ini tak hanya memengaruhi orang dewasa, bahkan balita masa kini makin banyak yang tertarik dengan piranti serta kecanggihan dunia online. 

Balita Mulai Terbiasa Online

Seperti dilansir huffingtonpost, sebuah organisasi nirlaba Joan Ganz Cooney Center and Sesame Workshop melaporkan bahwa 23 persen orang tua yang memiliki buah hati berusia 0 hingga 5 tahun mengaku bahwa anak-anak mereka gemar menggunakan internet. Dari angka tersebut 82 persen orang tua melaporkan bahwa balita mereka online setidaknya sekali dalam seminggu.

Dalam usia sekecil itu, apa saja yang mereka lakukan saat online? 60 persen balita di bawah usia tiga tahun menggunakan media internet untuk melihat berbagai video, sedangkan 30 persen balita lebih senang menggunakan chatting melalui video. Percayalah, mereka sudah bisa menggunakan Skype dengan baik untuk berinteraksi melalui video-chat dengan kerabat yang jauh dari mereka. 

Selain media online melalui internet, hasil lain penelitian itu menunjukkan bahwa 36 persen anak usia dua hingga sebelas tahun menonton televisi dan menggunakan internet bersama orang tua mereka. Jumlah durasi menonton televisi pada hari kerja adalah sekitar tiga jam, dan akan meningkat pada akhir pekan sekitar empat jam. 

Masih Menyukai Metode Lama

Kabar baiknya, walaupun anak-anak masa kini banyak yang menyukai media online dan televisi, penelitian yang sama melaporkan bahwa mereka masih menghabiskan waktu yang sama untuk membaca buku. hampir 90 persen anak-anak usia lima hingga sembilan tahun membaca media cetak setiap hari. 

Walaupun anak-anak muda yang mengonsumsi media yang lebih dari sebelumnya, mereka menghabiskan kira-kira jumlah waktu yang sama membaca buku-buku tradisional. Sembilan puluh persen anak-anak antara usia lima dan sembilan terlibat dengan bahan cetak setiap hari, laporan Cooney Center.

Melihat hal tersebut, pihak Joan Ganz Cooney Center memberi masukan pada orang tua untuk tetap menyeimbangkan asupan tekhnologi yang diterima anak-anak dengan aktivitas fisik, hiburan dan prestasi akademik mereka. Jangan sampai kesenangan untuk menjelajahi dunia online memangkas waktu bermain sepeda di luar rumah, berenang, berlatih alat musik dan lain sebagainya.

Sumber : vemale.com

 

» Back to News