News & Promo

Anak hobi main gadget pandai memilah informasi

Jumat, 27 Januari 2017

Psikolog Annelia Sari Sani mengatakan anak yang gemar bermain gawai umumnya terampil dalam memilah informasi yang bermunculan di dunia maya.

"Cepat memilih mana yang dia butuh, mana yang tidak," kata Annelia saat diskusi HiLo "Tips Menstimulasi Anak agar Tumbuh Sehat & Cerdas di Era Digital", Kamis.

Ketika mencari informasi di mesin pencari, anak cenderung cepat memilah informasi karena dia sudah terbiasa dan mengetahui informasi seperti apa yang ia butuhkan.

Permainan yang ada di gadget pun dapat membantu anak untuk mengambil keputusan, kata Annelia. Bila terbiasa, ia mungkin akan dapat mengambil keputusan secara cepat dibanding dengan anak yang tidak bermain gadget. Selain itu, menurut Annelia, permainan jenis tertentu juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi visual-motorik anak.

Orang tua, yang harus tetap mendampingi saat anak sedang menggunakan gawai, juga dapat mengajarkan komunikasi  dan bersosialisasi melalui perangkat tersebut. Tetapi, lanjut Annelia, komunikasi sosial di dunia nyata tetap dibutuhkan untuk mengasah emosi dan menumbuhkan empati pada anak.

Misalnya, ajari anak mengenali rasa bagaimana bila di-unfollow teman di dunia nyata.

Sumber : life.viva.co.id

 

» Back to News